Siswa SMK TIK Darussalam Bercita-cita Bikin Program Translator Gerak

Posted by DS Creative
Category:

M. Ari Maulana, salah satu siswa berprestasi SMK TIK Darussalam yang menekuni bidang pemrograman (programmer) ternyata memiliki cita-cita yang mulia bagi kaum difabel.

Siswa yang saat ini duduk di kelas XI SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini mengatakan Tujuannya membuat program tersebut adalah untuk bisa mendukung atau membantu para penyandang disabilitas untuk bisa lebih mudah dalam berkomunikasi baik dengan sesama penyandang difabel maupun dengan masyarajat umum.

“Saya ingin menjadi Programmer, supaya bisa membuat program-program sendiri sesuai keinginan untuk membantu pekerjaan seperti program translate untuk bisa menjelaskan bahasa isyarat. Misalnya kita masukan kalimat maka akan muncul gerakannya supaya bisa saling berkomunikasi dengan penyandang disabilitas baik yang buta, bisu maupun tuli,” ujarnya, Minggu (9/12/2018).

Peraih juara umum di sekolah saat duduk di kelas X ini juga mengatakan bahwa program yang jadi mimpinya itu nantinya akan turut didukung dengan menggunakan gambar maupun video.

“Programnya nantinya pakai gambar dan video, supaya lebih jelas,” terangnya.

Selain memiliki mimpi membuat program bagi kaum difabel, Ari juga bermimpi untuk bisa menjadi Programmer yang mampu menciptakan aplikasi yang nantinya akan dipakai oleh seluruh dunia, seperti yang dibuat Microsoft saat ini.

Bahkan, Dia juga berkeinginan bisa membangun sebuah perusahaan IT dan telekomunikasi

Untuk menjadi seorang Programmer andal, kata Ari dirinya harus bertekun untuk memperdalam bahasa pemrograman dan juga pelajaran matematika. Karena itulah dia juga jadi menyukai pelajaran matematika.

“Menyukai juga pelajaran matematika, karena matematika itu mudah dan memiliki jawaban yang pasti,” ungkap Ari yang juga hobi membaca buku ini.

Saat ditanya apa rencananya setelah lulus sekolah, Ari mengatakan bahwa dirinya berencana kuliah dibidang pemrograman sembari bekerja untuk mengaplikasikan ilmunya.

Namun Ari mengatakan bahwa targetnya selama masih sekolah adalah bisa mempertahankan juara umum yang sudah diraihnya sebelumnya. Karena itu dia pun mengaku harus lebih bertekun untuk belajar sehingga bisa tetap mempertahankan prestasinya.

“Bertekad mempertahankan juara umum. Kiat bisa meraih juara ya rajin belajar. Saya tidak punya tips khusus yang penting rajin belajar. Kalau saya pulang sekolah biasa langsung belajar sampai sebelum sholat Maghrib, setelah itu baru saya istirahat. Dan rajin mencoba belajar hal baru,” terangnya.

“Setelah tamat SMK kalau bisa cari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan, nanti sambil bekerja juga turut kuliah menekuni dibidang pemrograman,” tandas siswa kelahiran 2002 ini.

Leave a Reply