Sistem E-voting Pemilihan Pengurus OSIS

Posted by DS Creative
Category:

KEPALA SMK TIK Darussalam Eva Mugdhiyana mengatakan, selain rutin mengadakan lokakarya kewirausahaan digital, pihaknya juga telah menerapkan penggunaan e-voting dalam pemilihan ketua OSIS selama dua tahun terakhir, yakni sejak tahun 2017.

“Sebelumnya kita lakukan manual, masih dengan coblos nah seiring berkembangnya teknologi jadi kita manfaatkan fasilitas e-voting”, katanya.

Eva menjelaskan, pada peroses pemilihan pengurus OSIS tersebut, para siswa dan guru dibekali user id  dan password. dari akun tersebut para pemilih bisa menggunakan hak pilihnya melalui komputer yang sudah di sertai software pemungutan suara atau e-voting.

“Jadi setelah semua suara masuk, maka akan langsung dapat direkapitulasi untuk memperoleh hasil pemilihan tersebut,” jelasnya.

Dengan penggunaan e-voting, kata eva maka membuat proses pemilihan OSIS menjadi lebih cepat, hemat kertas dan efisien.

“Jadi tidak perlu hitung manual satu per satu dan tidak banyak kertas yang digunakan untuk coblos. Penggunaan kertas hanya untuk visi-misi-nya dan untuk data login siswa,” terangnya.

Lewat penggunaan sistem e-voting tersebut, siswa juga lebih antusias untuk ikut memberikan suaranya dalam pemilihan pengurus OSIS. Selain itu, siswa juga dilibatkan untuk menjadi saksi pada kegiatan pemilihan pengurus OSIS tersebut, sehingga meberikan pelajaran bagi siswa terkait sistem pemilihan.

“Dengan sistem e-voting, pemilih yang sama tidak akan bisa memilih dua kali. Apa yang kita pilih langsung diketahui di hari yang sama. Artinya tidak ada manipulasi,” katanya.

Leave a Reply