Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Program Administrasi Perkantoran memiliki kurikulum Standar Nasional berbasis perkembangan industri dan dunia kerja. Di SMK TIK Darussalam, jurusan Administrasi Perkantoran bertujuan untuk menyediakan tenaga yang professional di bidang perkantoran.

Pada praktik kerjanya peran mereka adalah memastikan operasional kantor berjalan lancar. Administrasi Perkantoran pada kegiatan sehari-harinya fokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai. Siswa Administrasi Perkantoran juga dibekali dengan kemampun berkomunikasi sehingga lulusan jurusan ini memiliki kompetensi di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara (event organizer).

Kompetensi OTKP

  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.

Profesi / Bidang Kerja

  • Sekretaris
  • Manager
  • Resepsionis
  • Penyiar Radio
  • Pegawai Administrasi